Minggu, 02 Juli 2017

PSIKOLOGI PENDIDIKAN



Konseling pelayanan bimbingan dan di sekolah
Pengertian
Bimbingan merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam mencapai perkembangan yang optimal yaitu perkembangan yang sesuai dengan potensi dan sistem nilai tentang kehidupan yang baik dan benar.

bimbingan merupakan:
1.      proses yang berkesinambungan,
2.      proses membantu individu,
3.  bertujuan agar individu dapat mengarahkan dan mengembangkandirinya secara optimal sesuai kemampuannya
4. tujuan utamanya agar individu memahami diri dan menyesuaikan dengan lingkungannya
5.   Bimbingan adalah proses pemberian bantuan  yang dilakukan oleh seorang  ahli kepada individu.


Konseling merupakan layanan utama bimbingan dalam upaya membantu individu agar mampu mengembangkan diri dan mengatasi masalah melalui hubungan tatap muka atau melalui media, baik secara perorangan maupun kelompok.

ciri  konseling sebagai berikut:
1. Pada umumnya dilaksanakan secara individual
2. Pada umumnya dilaksanakan dalam suatu perjumpaan tatap muka
3. Dibutuhkan orang yang ahli
4. Tujuan diarahkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi klien.
5. Klien pada akhirnya mampu memecahkan masalah dengan kemampuannya sendiri.



Fungsi-Fungsi Bimbingan dan Konseling
Peran bimbingan konseling dapat diketahuai dengan melihat fungsi –fungsi pelayanan bimbingan konseling. Fungsi-fungsi tersebut adalah :

1.  Fungsi menyalurkan, yaitu fungsi bimbingan dalam membantu para siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah sambungan atau lapangan kerja, sesuai dengan bakat, minat, kepribadian dan kemampuannya
2.   Fungsi pencegahan (preventif), bila proses bantuan yang kita berikan dalam suatu bimbingan yang bertujuan menjaga, menjauhkan siswa dari masalah yang mungkin dapat mengganggu atau menjurus kepada penyimpangan perkembangan mental atau tekanan jiwa atau timbulnya kelainan ataupun gangguan jiwa
3.   Fungsi memperbaiki atau menyembuhkan (kuratif), bila terjadi penyimpangan atau kesulitan yang sudah berakar, membantu mencari akar dari pada penyimpangan kenakalan, gangguannya, supaya dapat disembuhakan dan tercapai taraf kehidupan yang normal
4.     Fungsi memelihara (preservatif), apabila siswa sudah mencapai perkembangan yang baik (emosi dan kepribadiannya), agar menjadi tetap baik dan merupakan suatu kesatuan kepribadian yang kuat.

Tujuan Bimbingan
 1. Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir, kehidupan masa yang akan  datang.
2. Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki seoptimal mungkin.
3. Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidik
4. Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan 5.lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja.
adapun bidang bimbingan konseling yang diterapkan pada sekolah :
Bidang Bimbingan Pribadi atau Individual

Pada bidang bimbingan pribadi ini pelayanan bimbingan membantu seorang siswa menemukan jalan keluar masalahnya, pemantapan sikap dan pengembangan wawasan,memantapkan pemahaman dan pengembangan seseorang untuk berkegiatan yang positive, kreatif dan produktif, pemantapan kemampuan mengambil keputusan.

2. Bidang Bimbingan Sosial atau Kelompok Pada bimbingan sosial yang ada di sekolah, pelayanan bimbingan konseling ini berusaha membantu siswa siswi mengenal dan berhubungan lingkungan nya dengan dilandasi pendidikan karakter atau sikap sikap yang baik serta bisa menyatu satu dengan yang lainnya seperti empati, tanggung jawab,jujur.

Manfaat bimbingan dan konseling
a.       Bimbingan konseling akan membuat diri kita merasa lebih baik, merasa lebih bahagia, tenang dan nyaman karena bimbingan konseling tersebut membantu kita untuk menerima setiap sisi yang ada di dalam diri kita.
b.      Bimbingan konseling juga membantu menurunkan bahkan menghilangkan tingkat tingkat stress dan depresi yang kita alami karena kita dibantu untuk mencari sumber stress tersebut serta dibantu pula mencari cara penyelesaian terbaik dari permasalahan yang belum terselesaikan itu.
c.       Bimbingan konseling membantu kita untuk dapat memahami dan menerima diri sendiri dan orang lain sehingga akan meningkatkan hubungan yang efektif dengan orang lain serta dapat berdamai dengan diri sendiri.
d.      Perkembangan personal akan meningkat secara positif karena adanya bimbinga konseling.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar